Mahasiswa UNY Berhasil Hambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Tipus dan ISPA

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) UNY, berhasil mensintesis senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tipus yaitu bakteri Salmonella tiphy dan  bakteri penyebab penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) yaitu bakteri Staphilococcusaureus.  Mereka adalah Dwi Winarto dengan anggota Indar Subekti dan Tika Pangesti dengan dosen pembimbing Cornelia  Budimarwanti, M.Si. Penelitian yang berjudul “Sintesis Senyawa 4-Hidroksi-3-Metoksikalkon Sebagai Agen Anti bakteri Dan Uji Aktivitasnya Terhadap S. Aureus, E. Coli dan S. Tiphy Secara In Vitro ini telah berhasil mendapatkan senyawa kalkon yang merupakan senyawa antibakteri yang keberadaannya sangat jarang di alam. Kalkon merupakan salah satu kelompok flavonoid yang hanya ditemukan pada beberapa golongan tumbuhan dalam jumlah yang sedikit. Senyawa ini, memiliki aktivitas biologis  yang  sangat bermanfaat diantaranya sebagai antioksidan, anti inflamasi dan antibakteri. Keberhasilan sintesis senyawa ini akan sangat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan.
Dwi WInarto mengatakan, peneliti telah melakukan sintesis sintesis senyawa 4-hidroksi-3-metoksikalkon sebagai antibakteri melalui reaksi kondensasi Claisen-Schmidt berbahan dasar vanilin dan asetofenon, melakukan karakterisasi dan menguji daya hambat terhadap S. aureus, E. coli dan S. tiphy.
“Dari hasil uji daya hambat, diperoleh bahwa variasi konsentrasi senyawa 4-hidroksi-3-metoksikalkon dapat menghambat pertumbuhan S. aureus dan S. tiphy dengan konsentrasi maksimal adalah 800 ppm. Akan tetapi senyawa tersebut tidak dapat menghambat pertumbuhan bakteri E.coli. Selain itu juga karena senyawa yang dihasilkan belum murni. Kemungkinan masih ada NaOH yang tersisa yang mengakibatkan senyawa yang dihasilkan memiliki pH tinggi,” lanjutnya.
Ditambahkan, besarnya pH sangat mempengaruhi aktivitas bakteri. Setiap bakteri memiliki pH maksimum yang berbeda. pH maksimum untuk S. aureus  adalah sebesar 10 dan dan S. tiphy yaitu sebesar 9. Bakteri S. aureus lebih tahan pada suasana basa sehingga pada pH tinggi bakteri S. tiphy akan lebih mudah rusak. (witono)