Fasilitas

Jurusan Pendidikan Kimia telah memiliki prasarana dan sarana yang cukup untuk melaksanakan tugas dan fungsinya mendidik calon Sarjana Kimia dan Sarjana Pendidikan Kimia jenjang program S1. Untuk kegiatan praktikum telah dibangun gedung laboratorium kimia berlantai 3 (tiga) seluas 2.100 m2. Untuk kegiatan kuliah/asistensi tersedia gedung kuliah yang memadai dan diatur secara terpusat oleh fakultas. Kegiatan Kuliah sudah dapat dilakukan secara e-learning, dengan mengakses alamat:

http://besmart.uny.ac.id/

Berbagai peralatan mutakhir seperti :

1. Spektrofotometer FTIR (Shimadzu)
 
2. Evaporator
 
3. Micromeritics ASAP 2020 Physisorption Analyzer
 
4. Rigaku Miniflex 600 Benchtop X-Ray Diffraction (XRD)
 
5. Shimadzu Spectrofotometer UV-Vis
 
6. Spectrofotometer UV-Vis dan Spektronik-20
 
7. Laboratorium Komputer
 
8. Laboratorium Pengajaran Mikro
 

Laboratorium komputer yang telah disiapkan di lantai III Laboratorium Kimia memiliki kapasitas 44 komputer dan sudah tersambung dengan LAN (local area network) di lingkungan FMIPA maupun UNY yang dapat dimanfaatkan untuk praktikum aplikasi komputer, komputasi kimia, penyiapan bahan pembelajaran berbantuan komputer (computer assited learning, CAL), analisis data penelitian pendidikan kimia, maupun akses informasi global melalui internet dan e-library.

Dalam upaya mengoptimalkan penggunaan alat dan memberikan pelayanan bagi pihak yang memerlukannya, maka dibukalah Unit Analisis Kimia yang siap memberikan layanan jasa Analisis sebagai berikut:

  1. Analisis kimia bagi mahasiswa dan dosen, lembaga pemerintah maupun swasta, industri dan masyarakat yang memerlukan jasa tersebut.
  2. Pelatihan (training) bagi para guru, dosen, maupun tenaga profesional lain dari lembaga pemerintah/swasta, dan industri. Khususnya dalam bidang analisis kimia dengan menggunakan peralatan/instrumen tersebut di atas.
  3. Praktikum, khususnya praktikum bagi siswa SLTA, dan Kimia Dasar bagi mahasiswa yang kembaganya belum memiliki sarana laboratorium kimia.

Pelayanan akademik dan administrasi dilakukan oleh unit-unit struktural yang ada, seperti Bagian Tata Usaha, Subag Pendidikan, Subag Kepegawaian dan Keuangan, Kasubag Umum dan Perlengkapan, serta Subag Kemahasiswaan. Pelayanan di Jurdik Kimia dilakukan oleh Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dosen dan karyawan (tenaga administrasi, teknisi, laboran, pembersih) di Jurdik Kimia.

 


PERPUSTAKAAN


Untuk menunjang mahasiswa dalam rangka penelusuran referensi (bahan pustaka) disediakan Perpustakaan Jurusan, selain Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun profil koleksi buku bahan pustaka disajikan pada tabel berikut.


Jenis Bahan Pustaka


Judul


Eksemplar

Buku Teks

774

3191

Diktat

78

3271

Jurnal

17

517

Skripsi

386

386

Thesis

46

46

Majalah

2

30

Buku Referansi

111

130

Laporan
Penelitian

1264

1264

Lain-lain

16

47


Total


2078


6501