You are here

Mahasiswa FMIPA UNY Buat Tablet dari Daun Pacar Air Atasi Kolesterol

Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO tahun 2002, angka penderita hiperlipidemia (kolesterol) mencapai 8% dari total penyakit di dunia dan menjadi penyebab kematian 7,9% dari total angka kematian dunia.Di Indonesia, penderita hiperlipidemia atau yang biasa disebut dengan penyakit kolesterol mencapai 28%. Kolesterol juga memiliki andil dalam kasus-kasus kematian mendadak yang disebabkan oleh serangan jantung.
Terdapat beberapa golongan obat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, beberapa golongan obat tersebut memiliki efek samping yang berbahaya. Golongan obat statin dapat menimbulkan kerusakan hati dan gangguan otot seperti nyeri dan peradangan. Golongan inhibitor absorpsi kolesterol selektif dapat menimbulkan ruam, pankreatitis, dan alergi. Golongan nikotinat dapat menimbulkan kelainan hati. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat-obat sintetis membuat masyarakat mencari obat alternatif yang lebih aman untuk dikonsumsi.
Melihat kondisi tersebut, mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) membuat tablet effervescent daun pacar air (impatient basalmina l) dengan pemanis daun stevia (stevia rebaudiana) sebagai obat herbal hiperlipidemia rendah kalori. Tim terdiri Nurul Faeni Dewi S, Azhar Nasih Ulwan, Mandany Herma Kartika, dan Eko Budiyanto.
Menurut ketua tim, Nurul, daun pacar air kurang menarik minat masyarakat jika dikonsumsi secara langsung, baik rasa maupun penampilannya. Oleh karena itu, kami memodifikasi dengan membuat tablet effervescent daun pacar air dengan pemanis daun stevia menjadi salah satu alternatifnya. Obat herbal hiperlipidemia ini mengandung kalori yang rendah karena menggunakan pemanis alami daun Stevia rebaudiana.
Penelitian melaluiĀ  empat tahap pelaksanaan, yaitu membuat ekstrak daun pacar air dan daun stevia, membuat tablet effervescent ekstrak daun pacar air dengan pemanis daun stevia, uji kadar gula dalam tablet effervescent, dan melakukan uji aktivitas produk terhadap penurunan kadar kolesterol secara in vivo.
Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa tablet effervescent dari daun pacar air dengan pemanis daun stevia efektif dalam menurunkan kolesterol pada hiperlipidemia, konsentrasi optimum diperoleh pada tablet effervescent dengan ekstrak daun pacar air 40%. Pemanis yang ditambahkan yaitu daun stevia memiliki kalori total yang relatif rendah pada tablet tersebut sehingga obat herbal ini aman bagi penderita diabetes. (witono)