Mahasiswa UNY Presentasi di Kyoto Jepang

Ika Nur Fitriani, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY mempresentasikan hasil penelitiannya pada ajang  33rd International Conference On Solution Chemistry di Kyoto, Jepang, belum lama ini. 33rd International Conference On Solution Chemistry adalah acara seminar yang rutin diadakan setiap 2 tahun sekali. Kali ini event bergengsi ini dilaksanakan di Jepang. Acara ini diselenggarakan oleh Japan Association Of solution Chemistry dengan bantuan International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC).
Pada kesempatan tersebut Ika mempresentasikan paper yang berjudul ‘Red Ginger Rhizome Exctract as Deodoran Herbal Making Material’.  Acara ini dihadiri oleh para peneliti, akademisi, praktisi, dan professional dalam bidang sains dari negara-negara yang ada didunia, diantaranya adalah Jepang sebagai negara tuan rumah, Indonesia, Australia, Prancis, Amerika, China, Taiwan dan lain-lain. Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa saja,namun juga kalangan professional yang sudah puluhan tahun bergelut dibidangnya masing-masing.
Dikatakan Ika, meski acara ini sudah usai, namun papernya belum dikumpulkan. Paper dikumpulkan paling lambat 24 November 2013 dan akan dipublikasikan dalam Journal Of Solution Chemistry pada Maret 2014 tahun depan.
“Dari ajang tersebut, saya mendapat banyak ilmu baik dari oral session maupun poster session. Saya mendapat pengetahuan baru mengenai perkembangan solution chemistry di berbagai negara di dunia. Instrument yang dipresentasikan belum pernah pelajari di bangku kuliah,” lanjut Ika. (witono)