MAHASISWA YALA RAJABHAT UNIVERSITY TRANSFER KREDIT DI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sebanyak 10 mahasiswa dari Yala Rajabhat University (YRU) mengikuti program transfer kredit periode Januari – Juni 2018 di FMIPA UNY. Para mahasiswa tersebut  kuliah diprodi Biologi 7 orang dan prodi Kimia 3 orang.  Acara penerimaan dilaksanakan dilaksanakan Jumat, (2/1/18) di ruang siding fakultas dengan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Kajurdik dan Kaprodi Kimia dan Biologi. Sedangkan dari YRU hadir Vice Dean of Research, Faculty of Science, Technology and Agriculture, Dr. Isma. Ae Chelong, dan Dr. Imron Meechai.
Pada kesempatan tersebut Dekan mengucapkan selamat datang dan selamat belajar di FMIPA UNY.  “Karena datangnya baru kemarin (Kamis) maka para mahasiswa untuk segera mengurus registrasi, ATM, dll. Silakan laptopnya diregistrasikan ke Pusat Komputer supaya bisa mengakses wifi untuk memperlancar pembelajaran”.
Dekan menyampaikan “untuk perkuliahan di FMIPA menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Supaya lebih lancer belajarnya nanti bisa didiskusikan dengan dosen bahasa yang akan dipergunakan dalam perkuliahan”.
“Kami menyelenggarakan beberapa seminar internasional diantaranya ada ICRIEMS yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2018. Silakan para dosen dan YRU untuk berpartisipasi dan mengirimkan artikelnya. Nanti artikel yang  lolos dan dianggap layak oleh reviewer akan didaftarkan dan terindeks Scopus”, tambah Dekan.
Sementara itu, Isma Ae Chelong, dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa yang datang ini akan belajar Biologi dan Kimia. Beliau berpesan supaya para mahasiswa belajar sungguh-sungguh. Para mahasiswa juga bisa belajar budaya Indonesia.
Mahasiswa dari YRU, Rawiwan Thiamthat dan Hawareen Samae  setelah acara mengungkapkan kesannya dengan  logat melayunya “Setelah sampai di UNY kami merasa senang. Saya belum bisa bercerita banyak karena baru datang kemarin. Tapi para mahasiswa pemandunya ramah dan mereka sangat membantu kami. Dan hari ini kami akan melakukan beberapa kegiatan untuk persiapan kuliah antara lain tes narkoba, registrasi mata kuliah, dll”.
“Kami berencana mengambil 7 pelajaran (mata kuliah) diantaranya Immunology, Practical Immunologi, Industrial Microbiology  dll”, tambahnya
Sementara itu Nareeman Kortae (Kimia) mengungkapkan kegembiraannya telah mencicipi kuliner Indonesia yaitu ayam bakar dan Gurame. Disini (Indonesia) rasanya manis dan harganya murah. Sedangkandi Thailand rata-rata rasanya masam.
“Untuk pelajaran (mata kuliah) saya juga akan mengambil 7, diantaranya Biology Chemistry, Biology Laboratory, Instrumen lab, dll” lanjutnya.
Untuk tahun ini selain dari YRU, di FMIPA saat ini juga ada 3 orang dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Mereka akan kuliah di prodi Kimia selama satu semester. (witono)