Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Kimia

KOMPETENSI UTAMA


Lulusan program sarjana Pendidikan Kimia dengan gelar kesarjanaan S.Pd memiliki pengetahuan sikap, keterampilan dalam bidang pendidikan kimia, yang bercirikan sebagai berikut. 
  1. Menguasai dasar-dasar keilmuan dan kegiatan ilmiah sebagai seorang sarjana  yang mampu melakukan analisis, sintesis, dan perumusan untuk memahami, menemukan, dan menjelaskan tentang masalah dan penyelesaian masalah, khususnya di bidang pendidikan kimia dan pendidikan sains pada umumnya.
  2. Menguasai konsep, prinsip, hukum dan teori ilmu kimia dan pendidikan kimia yang relevan, serta mempunyai keterampilan dasar mengajar dan laboratoris yang memadai untuk melaksanakan tugas-tugas pendidikan/pengajaran kimia dan mengelola laboratorium sesuai dengan perkembangan iptek dan tuntutan masyarakat.
  3. Mampu menerapkan ilmu kimia, ilmu pendidikan, keterampilan laboratorium kimia, dan keterampilan mengajar/mengelola pembelajaran untuk kegiatan pengajaran dan pendidikan yang inovatif di sekolah dan di masyarakat sesuai dengan perilaku dan sikap seorang guru kimia, tata profesi, dan tuntutan masyarakat.
  4. Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2, serta mampu mengikuti perkembangan dan pemutakhiran ilmu dan keterampilannya (kimia dan pendidikan kimia) yang dimilikinya sesuai dengan perkembangan iptek (”belajar sepanjang hayat”).
  5. Memiliki sikap dan perilaku yang tepat dalam berkarya, bekerja, dan dalam berkehidupan bersama di masyarakat, dengan memperhatikan serta menerapkan etika profesional dan kultural.

 

KOMPETENSI PENDUKUNG

Kompetensi pendukung lulusan ditunjukkan dengan kemampuannya dalam:
  1. Memililiki tanggung jawab dan komitmen profesional sebagai calon guru.
  2. Menguasai konsep-konsep dalam ilmu kimia, terampil membelajarkan, dan mengomunikasikannya pada peserta didik.
  3. Menguasai konsep-konsep dalam ilmu kimia, terampil membelajarkan, dan mengomunikasikannya dalam bahasa inggris (khususnya bagi klas internasional) pada peserta didik.
  4. Terampil memanfaatkan, merancang, mengembangkan dan memroduksi bahan ajar, media konvensional, dan media digital/multimedia.
  5. Memiliki sikap adaptif, terbuka, kreatif, dan inovatif untuk pembelajaran disekolah.
  6. Memunyai jiwa kebersamaan dan mampu bekerjasama dalam team work serta mampu mengapresiasi keberagaman sosial dan budaya.

 

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN LULUSAN

Kompetensi lain/pilihan lulusan ditunjukkan dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. Dapat berkomunikasi secara aktif dan efektif dengan masyarakat.
  2. Disiplin dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
  3. Merencanakan dan melaksanakan suatu program kerja.
  4. Mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  5. Mengeksplorasi, memanfaatkan, dan melestarikan sumber daya alam.
  6. Menghargai etika umum dan etika profesional (keorisinilan ide, konsep, dan penemuan lainnya)

 
Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.