MAHASISWA FMIPA UNY IKUTI PROGRAM SIT IN KE MALAYSIA

Sebanyak 13 mahasiswa Pendidikan Kimia RSBI Angkatan 2008  FMIPA UNY mengikuti program Sit In di Universitas Putra Malaysia selama 1 Minggu yang dilaksanakan baru-baru ini. Perjalanan menuju Universiti Putra Malaysia didampingi oleh Dekan FMIPA UNY, Dr. Hartono dan Wakil Dekan I, Dr. Suyanta. Kedatangan mahasiswa UNY disambut oleh pelajar UPM di bandara LCCT, Kuala Lumpur.

Zainul, peserta program Sit In mengatakan, selama studi banding ke Science Faculty Universiti Putra Malaysia, kami mengikuti beberapa mata kuliah yang berlangsung yaitu kimia Organik dan kimia Industrial. Beberapa acara perkuliahan tidak bisa diikuti karena jadwal perkuliahan sebagian sudah selesai seperti praktikal kimia polimer dan kuliah pengajaran mikro.
“Mahasiswa dapat berkunjung ke Laboratorium Kimia untuk mendapatkan tambahan ilmu. Selain menambah wawasan dalam perkuliahan, keakraban terjalin antara mahasiswa UNY dan Science Faculty UPM,” lanjutnya.

Dikatakan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan bersama antara mahasiswa UNY dan FASSA UPM yang diketuai oleh Haslam Bin Talib antara lain yaitu berkunjung ke Sekolah Kebangsaan (SK) Seri Selangor, Ministry of Science, Technology and Innovation (MOSTI) Kuala Lumpur, perpustakaan Sultan Abdul Samad UPM, radio Putra FM, malam budaya Malaysia, dialog pelajar kimia, Petrosains, dan Himpunan belia satu Malaysia.

Ditambahkan, studi banding ini sangat baik dilakukan untuk menambah pengalaman dan mengetahui kurikulum serta kegiatan pembelajaran kimia khususnya di kelas Internasional. Sebagai calon pendidik sudah selayaknya mahasiswa pendidikan kimia mempersiapkan diri baik pengetahuan maupun pengalaman sebagai tenaga siap pakai dalam pendidikan yang nantinya sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya. (Witono)